Website Ajaib Tampil Baru, Trading Saham Kini Makin Nyaman!

Jika disuruh pilih antara trading saham lewat website atau aplikasi di smartphone, saya akan selalu pilih opsi pertama. Alasannya karena trading lewat website jauh lebih nyaman dan memudahkan, terutama bagi trader yang ingin melakukan analisis saham secara teknikal dengan membaca pola-pola pada grafik saham.

Meskipun nyaman, trading saham lewat website juga memiliki kekurangan tersendiri.

Salah satu yang paling banyak dikeluhkan trader adalah tampilan website biasanya terlalu rumit dan kompleks, sehingga cukup menyulitkan terutama bagi trader pemula. 

Menyadari hal tersebut, Ajaib Sekuritas baru-baru ini melakukan pembaruan pada tampilan website mereka sehingga sekarang jadi lebih simple, rapi, dan modern. Selain itu, juga ditambahkan beberapa fitur baru pada website Ajaib yang dapat membuat pengalaman trading saham jadi lebih nyaman dan cepat. 

Lantas seperti apa tampilan baru website Ajaib? Simak ulasan berikut.

Daftar Ajaib dan dapatkan hadiah 1 lot saham senilai up to Rp2,5 juta secara GRATIS.

Panel Trading dengan Sajian Info Lengkap

Ketika trading saham, investor pasti akan melihat dan mempertimbangkan dulu berbagai hal sebelum mengambil keputusan. 

Beberapa hal yang biasanya dilihat dulu antara lain pergerakan harga saham, rasio-rasio keuangan yang penting seperti PER, PBV, dan ROE, order book untuk melihat dinamika permintaan dan penawaran saham di pasar, hingga berita-berita terbaru mengenai emiten untuk memastikan apakah ada faktor sentimen yang cukup yang dapat menggerakkan harga saham.

Nanti, setelah mempertimbangkan semua hal, trader baru akan memutuskan apakah akan lanjut membeli atau menjual suatu saham. Karena hal tersebut, Ajaib melakukan sejumlah perubahan pada tampilan trading panel di website Ajaib. 

Untuk memudahkan trader, kini semua informasi inti yang dibutuhkan oleh trader untuk mengambil keputusan transaksi saham bisa diakses secara mudah di satu halaman saja.

Pada trading panel baru ini, sebagian besar informasi penting mengenai suatu saham disajikan secara sederhana, rapi, dan modern. Sehingga kamu bisa langsung menganalisis saham di halaman tersebut tanpa perlu pindah-pindah ke halaman lain. 

Tampilan baru Beranda Website Ajaib
Tampilan baru Beranda Website Ajaib

Sebagaimana gambar di atas, kamu bisa melihat bahwa hampir semua informasi penting bisa kamu akses di satu halaman trading panel Ajaib yang baru ini. Mulai dari grafik pergerakan saham, order book saham, order history (termasuk untuk riwayat investasi reksadana juga), key statistics emiten, berita terbaru, hingga halaman untuk open order beli atau jual saham juga bisa kamu akses di halaman yang sama.

Meskipun hal ini mungkin terlihat biasa, bagi trader saham terutama para scalper yang sering bertransaksi saham dalam hitungan menit atau detik, tampilan trading panel seperti ini jelas  sangat membantu karena menghemat waktu dan bisa menghindari trader dari risiko kerugian akibat terlambat pasang order beli/jual saham. 

Hadir dengan Tab Saham yang Memudahkan

Masih di halaman trading panel, tampilan baru website Ajaib ini juga menghadirkan fitur baru berupa Stock Ticker Tabs atau tab-tab saham yang terdapat di bagian atas. 

Fitur Stock Ticker Tabs atau tab saham baru di Website Ajaib
Navigasi saham di Ajaib jadi lebih mudah dengan Stock Ticker Tabs

Lewat fitur ini, kamu dapat dengan mudah melakukan analisis beberapa saham secara sekaligus, karena untuk berpindah halaman cukup dengan mengklik tab-tab kode saham yang ada di bagian atas trading panel.

Hal ini memberikan pengalaman yang mirip seperti saat kita sedang menjelajahi internet melalui web browser Chrome, Edge, atau Safari. 

Adapun tab saham baru pada fitur ini hanya akan terbuka secara otomatis apabila trader mengakses halaman saham lain atau dengan menambah saham baru pada daftar pantau (Watchlist). Belum ada pilihan untuk membuka tab saham baru secara langsung di bagian tab saham tersebut.

Untuk mengakses halaman saham lain, pengguna dapat keluar dari trading panel untuk mencari saham yang diinginkan. Nanti, setelah kita mengklik detail saham yang dicari, barulah halaman akan mengarahkan kembali ke trading panel kemudian membuka tab saham baru secara otomatis.

Tampilan Sidebar baru lengkap dengan fitur Watchlist

Hal lain yang baru di website Ajaib adalah adanya fitur untuk menampilkan Sidebar pada trading panel yang menampilkan Watchlist atau daftar saham yang kita pantau.

Pntau Watchlist saham di website Ajaib cukup dari satu halaman
Pantau Watchlist saham di satu halaman

Secara default, fitur ini dalam keadaan nonaktif saat membuka trading panel Ajaib. Untuk mengaktifkannya, kamu tinggal klik saja simbol bintang pada bagian samping. Nanti setelah di-klik, bakal otomatis muncul tampilan Sidebar Watchlist di bagian samping kanan sebagaimana ditunjukkan pada gambar di atas.

Tampilan baru ini otomatis akan lebih memudahkan trader dalam mengakses saham-saham yang ada di daftar pantau untuk selanjutnya dianalisis pada trading panel. Selain itu, dengan fitur ini, trader juga bisa dengan mudah menghapus atau menambahkan saham baru pada Watchlist melalui Sidebar tanpa perlu pindah halaman.

Kemudian, jika kamu ingin menyembunyikan Sidebar untuk memberikan ruang lebih banyak pada indikator lain, kamu juga bisa melakukannya dengan mudah. Cukup klik kembali simbol bintang di bagian samping dan tampilan Sidebar tersebut akan otomatis tersembunyi.

Nah, dengan semua hal baru yang dihadirkan Ajaib Sekuritas pada tampilan websitenya tersebut, kini kamu tidak perlu bingung lagi memilih apakah akan trading saham di aplikasi trading terbaik Ajaib di smartphone atau lewat desktop karena keduanya sama-sama mudah dan cepat, serta memiliki fitur lengkap.

Apabila kamu belum punya akun Ajaib, kamu bisa mendaftar dulu dengan menggunakan kode referral saya -> zai.981 agar mendapat hadiah 1 koin Ajaib yang bisa kamu tukarkan dengan 1 lot saham secara gratis. Daftar di sini.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Leave a Comment