Review Bitget (2024): Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Dengan perkembangan digitalisasi finansial yang pesat, terdapat berbagai macam instrumen investasi yang dapat menjadi pilihan bagi masyarakat di Indonesia. Salah satunya adalah investasi pada aset kripto. Bitget adalah salah satu platform perdagangan aset kripto terbesar dalam skala global yang menawarkan berbagai layanan perdagangan kripto bagi investor pemula hingga berpengalaman.

Apakah Bitget cocok untuk kamu? Yuk, simak lebih rinci tentang Bitget serta kelebihan dan kekurangannya yang dapat dijadikan sebagai referensi kamu.

Poin penting:

🔑 Bitget merupakan salah satu platform exchange crypto terbesar dan terpopuler di dunia, langganan 10 besar pada transaksi Spot dan Derivatif (cek coinmarketcap).
🔑 Produk unggulan Bitget adalah produk Copy trading sebagai pelopor pertama dari platform perdagangan kripto.
🔑 Kekurangan Bitget adalah belum memiliki lisensi resmi dari Bappebti di Indonesia.
🔑 Trading aset kripto di Bitget dapat dilakukan langsung melalui website dan aplikasi di smartphone kamu.

Dapatkan 1.000 USDT welcome bonus + 20% cashback fee trading setiap kali transaksi kripto di Bitget! Daftar dengan kode referral -> 1xdr7866

🤷‍♂️ Apa itu Bitget?

Bitget adalah platform crypto exchange bagi kamu yang ingin melakukan perdagangan aset kripto seperti BITCOIN (BTC), ETHEREUM (ETH), DOGE, XRP dan lebih dari 590 koin lainnya.

Tim penemu Bitget sebenarnya sudah mulai mempelajari teknologi blockchain sejak tahun 2015, namun Bitget sendiri baru didirikan pada tahun 2018 setelah meyakini dan memahami dokumen whitepaper Bitcoin dan ekosistem Ethereum.

Sesuai dengan misi Bitget, saat ini mereka telah menguatkan komitmen dalam keamanan pengguna saat bertransaksi menggunakan aplikasi Bitget. Saat ini Bitget telah memiliki dana proteksi terhadap pengguna terbesar hingga $300 juta. Bitget juga melayani seluruh kategori pengguna baik pengguna baru hingga berpengalaman agar nyaman dalam berinvestasi kripto.

Aplikasi Bitget
Perdagangan Spot dan Futures di Bitget
Copy Trade di Bitget
Messi brand ambassador Bitget
Daftar Bitget dapat 1.000 USDT
jual beli kripto gratis di Bitget lewat skema P2P

Fitur Bitget

Bitget telah berkembang pesat sejak pertama kali berdiri hingga sampai saat ini dalam hal produk dan fitur yang berkaitan dengan aset kripto. Berikut beberapa fiturnya:

1. Bitget Spot

Seluruh pengguna dapat melakukan perdagangan pada aset kripto di Bitget Spot yang menyediakan lebih dari 590 koin yang terdaftar, lebih dari 660 pasangan perdagangan. Pada fitur Spot sendiri, terdapat berbagai macam kategori perdagangan seperti limit order, market order dan lainnya.

2. Bitget Copy trading

Bitget adalah platform crypto exchange yang pertama kali meluncurkan fitur Copy trading. Pada fitur ini mungkin akan cocok bagi kamu sebagai pemula yang ingin mengikuti strategi trading aset kripto dari elite traders atau trader yang sudah terdaftar dan berpengalaman di Bitget. Saat ini terdapat lebih dari 120,000 elite traders dan lebih dari 630,000 pengikut elite traders.

3. Bitget Futures

Bitget juga menyediakan fitur berjangka pada Bitget Futures yang dimana kamu dapat melakukan analisa harga aset kripto di masa mendatang. Pada fitur Futures, kamu dapat memilih USDT-M Futures dan Coin-M Futures.

4. Bitget Launchpad

Fitur Launchpad adalah fitur yang cocok bagi investor untuk memiliki aset kripto dari proyek atau token yang berkualitas baik sebelum listing atau terdaftar di pasar Bitget. Beberapa token Launchpad di Bitget mengalami kenaikan pesat setelah satu minggu listing seperti BBO +20,000%, HALO +14,950% dan ZZZ +7,992%.

5. Bitget Earn

Bitget Earn adalah salah satu fitur yang cocok bagi kamu sebagai pemula. Secara konsep utamanya, dari fitur Earn kamu memiliki potensi bunga yang akan kamu dapatkan terhadap beberapa aset kripto yang tersedia dan sesuai dengan jangka waktu yang kamu pilih. Hal ini serupa dengan instrumen investasi melalui deposito.

6. Bitget Insights

Melalui Bitget Insights kamu dapat mempelajari dan menemukan berita terbaru mengenai aset kripto yang sedang kamu simpan atau yang ingin kamu perdagangkan. Bitget Insights adalah kumpulan berita yang dapat diberikan oleh komunitas Bitget jika sudah menjadi pengguna yang terverifikasi.

7. Bitget Token (BGB)

Bitget Token atau biasa disebut BGB adalah salah satu aset kripto yang termasuk sebagai native token milik Bitget. Peluncuran token BGB didasari oleh komitmen Bitget terhadap ekosistem kripto yang sederhana, aman dan dapat diakses oleh semua pengguna baik pengguna baru dan berpengalaman. Terdapat beberapa keuntungan bagi investor BGB seperti mendapatkan akses lebih dulu terhadap proyek token baru hingga diskon biaya perdagangan di Spot hingga 20%.

Berapa Fee di Bitget?

Bitget menyediakan biaya perdagangan atau fee yang cukup kompetitif di pasar dan mungkin dapat dijadikan sebagai salah satu referensi kamu untuk melakukan perdagangan aset kripto. Berikut adalah rincian biaya di Bitget:

  • Perdagangan: biaya atau fee trading di Bitget Spot dalam transaksi jual dan beli adalah sebesar 0.1% untuk seluruh koin. Biaya yang lebih rendah untuk transaksi aset kripto BGB yaitu sebesar 0.08%. Untuk fee trading di Bitget Futures yaitu sebesar 0.02% bagi maker dan 0.06% bagi taker.
  • Penarikan (withdrawal): biaya penarikan di Bitget sebenarnya bervariasi tergantung dari masing-masing aset kripto. Namun jika kamu menggunakan fitur Bitget P2P, maka kamu tidak akan dikenakan biaya apapun saat melakukan penarikan dari merchant pilihan. Kamu juga dapat mengirim aset ke sesama pengguna Bitget lainnya tanpa biaya.
  • Deposit: biaya deposit juga bervariasi pada beberapa fitur seperti Fiat dan Kripto, transfer Bank dan Bitget P2P. Namun kamu bisa memilih Bitget P2P jika ingin bebas biaya.

Minimal Deposit di Bitget

Bitget menetapkan jumlah minimal deposit pada aset kripto yang bervariasi melalui deposit kripto yang akan bergantung pada masing-masing token atau koin. Begitu juga melalui kartu kredit/debit yang memiliki minimal deposit sebesar US $15 untuk seluruh token dan untuk Bitget P2P akan bergantung pada ketersediaan aset yang dimiliki oleh merchant.

Minimal Penarikan di Bitget

Untuk biaya penarikan di Bitget akan ditentukan oleh masing-masing jaringan pengiriman saat kamu melakukan penarikan terhadap aset kripto kamu. Bebas biaya penarikan jika kamu menggunakan Bitget P2P.

Kelebihan Bitget

Sebagai platform perdagangan aset kripto skala global, Bitget memiliki beberapa kelebihan untuk memberikan layanan yang terbaik bagi penggunanya, diantaranya:

  • Biaya perdagangan yang kompetitif dan rendah hanya 0.1% serta lebih hemat untuk transaksi BGB sebesar 0.08%.
  • Memiliki komitmen tinggi terhadap keamanan pengguna melalui dana proteksi pengguna hingga US $300 juta.
  • Jumlah likuiditas yang tinggi sehingga memudahkan pengguna dalam bertransaksi.
  • Pembelian aset kripto yang mudah melalui Bitget P2P dengan nol biaya transaksi.
  • Memiliki beragam fitur yang lengkap cocok untuk trader pemula hingga berpengalaman seperti: Spot, Futures, Earn dan Launchpad.

Kekurangan Bitget

Selain kelebihan, tentunya kamu harus memperhatikan beberapa kekurangannya seperti:

  • Bitget belum memiliki regulasi resmi dari Bappebti di Indonesia.
  • Membutuhkan VPN untuk mengakses situs resmi www.bitget.com namun bisa menggunakan situs alternatif pada www.bitget.site 
  • Belum tersedianya layanan live chat untuk pengguna yang berdomisili di Indonesia.

Cara Daftar Bitget

Kamu dapat melakukan pendaftaran akun Bitget melalui beberapa langkah berikut:

  • Kunjungi situs resmi Bitget atau unduh terlebih dahulu aplikasinya melalui App Store dan Google Play
  • Klik tombol “Daftar” dan kamu dapat memilih ingin daftar menggunakan alamat email atau nomor ponsel yang kamu gunakan.
  • Kamu bisa mengisi pada bagian “Kode referral” jika kamu memilikinya.
  • Kamu harus klik pada bagian “Saya telah membaca dan menyetujui..”
  • Klik tombol “Buat Akun”
  • Setelah melakukan pendaftaran kamu disarankan untuk menyelesaikan verifikasi akun (KYC) agar dapat mengakses Bitget lebih aman dan nyaman.
  • Proses verifikasi di Bitget cukup cepat hanya sekitar dua menit dan kamu bisa menggunakan data diri seperti KTP, SIM atau Paspor.
  • Selamat kamu telah terdaftar dan akun terverifikasi di Bitget!

VIDEO TUTORIAL CARA DAFTAR BITGET:

Program Afiliasi Bitget

Saat ini telah 80 ribu afiliasi yang tergabung di program afiliasi Bitget. Program afiliasi Bitget menawarkan beberapa benefit bagi kamu yang mendaftarkan diri. 

Kamu bisa mendapatkan komisi hingga 50% pada transaksi Spot dan Futures. Kamu juga bisa memaksimalkan jumlah komisi yang kamu dapatkan dengan mengikuti tiga langkah berikut:

  1. Mendaftarkan diri menjadi afiliasi.
  2. Berikan link referral kamu setidaknya mengajak lima pendaftar baru.
  3. Kamu akan mendapatkan komisi jika pengguna yang mendaftar melalui link kamu mencapai trading volume sebesar 100,000 USDT selama satu bulan.

Jika kamu tertarik untuk memiliki pendapatan pasif, kamu bisa mengunjungi link di sini.

Sebagai informasi, komisi fee trading hingga 50% tersebut juga bisa kamu bagi menjadi 30%:20% untuk kamu dan pengguna yang diajak. Sehingga dengan begitu bakal sama-sama menguntungkan. 

Kenapa gak 25%:25%? Karena saat ini program referral Bitget membatasi maksimal komisi yang diterima pengguna baru sebesar 20%.

Apabila tertarik mendaftar di Bitget, kamu bisa registrasi lewat link referral saya berikut: Daftar Bitget untuk mendapatkan welcome bonus 1000 USDT (setara US $1.000) + bonus rebate 20% + tambahan 10% diskon fee transaksi kripto di pasar spot Bitget (berlaku selamanya). 

FAQ

1. Apakah Bitget Aman?

Bitget adalah platform crypto exchange skala global yang aman. Saat ini Bitget memiliki beberapa fitur keamanan pada aplikasinya seperti 2FA (autentikasi dua faktor) melalui email dan nomor ponsel yang kamu gunakan. Selain itu, Bitget juga memiliki dana proteksi pengguna hingga $300 juta sebagai dana cadangan pengguna serta Proof of Reserve dengan rasio hingga 199%, hampir dua kali lipat dari standar rasio sebesar 100%.

2. Apakah Bitget Teregulasi?

Saat ini Bitget belum teregulasi oleh Bappebti di Indonesia, tetapi sudah mengantongi lisensi/izin operasi di Polandia dan Lithuania. Bitget juga memiliki ketentuan regulasi, kebijakan AML/CFT, kebijakan privasi, ketentuan pengguna sebagai komitmen untuk menjaga keamanan pengguna dan perusahaan.

3. Bagaimana Cara Menyelesaikan Verifikasi Akun (KYC)?

Untuk melakukan verifikasi akun di Bitget cukup mudah. Jika menggunakan aplikasi melalui ponsel kamu bisa masuk ke menu “Profil Pengguna” dan pilih “Verifikasi Identitas” lalu klik “Verifikasi”.

Kamu bisa pilih wilayah negara kamu berada dan dokumen negara penerbit. Terdapat beberapa pilihan dokumen yang dapat digunakan seperti KTP, SIM dan Paspor. Setelah itu bersiaplah untuk melakukan pengecekan pengenalan wajah. Jika sudah selesai, kamu akan menunggu untuk beberapa saat (tidak sampai 24 jam) untuk konfirmasi verifikasi akun kamu.

Perbandingan Aplikasi Crypto Terbaik

NO

APLIKASI

LEGALITAS

PROS and CONS

RATING

LINK

1

logo Ajaib Kripto

Terdaftar di BAPPEBTI

  • Banyak pilihan aset kripto

  • Fitur lumayan lengkap

  • Minimum investasi rendah, mulai dari Rp15 ribu


  • Tidak bisa menjual saldo kripto secara keseluruhan

  • Tarik saldo ke rekening bank dikenakan biaya


kode ref: zai.981

2

Most Popular

Logo Binance

Tidak terdaftar di BAPPEBTI

  • Banyak pilihan aset kripto

  • Fitur paling lengkap

  • Binance adalah aplikasi crypto dengan pengguna aktif paling banyak di dunia

  • Tidak ada izin operasi di Indonesia

  • Kurang cocok untuk pemula

3

logo Coinbase

Tidak terdaftar di BAPPEBTI

  • Banyak pilihan aset kripto

  • Fitur lumayan lengkap

  • Fitur copy trading paling rame pro traders

  • Tidak memiliki izin operasi di Indonesia

  • Opsi deposit P2P kurang banyak merchant

4

logo Coinbase

Tidak terdaftar di BAPPEBTI

  • Banyak pilihan aset kripto

  • Fitur lumayan lengkap

  • Perusahaan sudah terdaftar di bursa saham NASDAQ

  • Tidak memiliki izin operasi di Indonesia

  • Butuh VPN untuk mengakses Coinbase


butuh VPN untuk akses

5

logo indodax

Terdaftar di BAPPEBTI

  • Indodax merupakan platform exchange crypto pertama di Indonesia

  • Fitur lumayan banyak

  • Beli kripto mulai dari Rp10 ribu

  • Desain website/aplikasi kurang intuitif untuk pemula

6

logo nanovest

Terdaftar di BAPPEBTI

  • Banyak pilihan aset kripto

  • Trading crypto mulai dari Rp5 ribu

  • Tidak ada biaya transaksi

  • Bisa sekalian investasi saham Amerika juga

  • Fitur terbatas

  • Minim informasi riset dan edukasi soal kripto


kode ref: zaialamm697

7

Beginner Friendly

logo Pintu aplikasi crypto

Terdaftar di BAPPEBTI

  • Banyak pilihan aset kripto

  • Gratis biaya trading

  • Aplikasi mudah digunakan

  • Penarikan saldo ke rekening bank dikenakan biaya

  • Fitur terbatas


kode ref: @zaipath

8

logo aplikasi pluang

Terdaftar di BAPPEBTI

  • Banyak pilihan aset kripto

  • Bebas biaya transaksi

  • Bisa sekalian investasi emasreksadana dan saham Amerika

  • Fitur terbatas

  • Minimum penarikan saldo tunai ke rekening bank Rp200 ribu


kode ref: ZAIF598932

9

logo triv

Terdaftar di BAPPEBTI

  • Fitur lumayan lengkap

  • Biaya kompetitif

  • Tampilan web/aplikasi intuitif

  • Pilihan aset kripto relatif terbatas dibandingkan kompetitor 

  • Belum ada fasilitas leverage

10

Best Choice

logo tokocrypto

Terdaftar di BAPPEBTI

  • Banyak pilihan aset kripto

  • Punya fitur paling lengkap untuk kelas marketplace crypto lokal

  • Likuiditas tinggi

  • Deposit saldo via e-wallet dikenakan biaya 2%

  • Penarikan saldo tunai ke rekening bank dikenakan biaya Rp10 ribu

Demikian ulasan tentang platform exchange crypto Bitget. Semoga bisa jadi pertimbangan sebelum memutuskan untuk mendaftar di Bitget.

Zai Alam

A lifelong learner, blogger and part-time investor. I love sharing about personal finance and cuan-related tips. Connect with me on Twitter. (Disclaimer: not a financial advisor)

Leave a Comment

Daftar dan dapatkan komisi 20% dari setiap fee trading kamu di Bitget + 1000 USDT welcome bonus.

logo Bitget